Selasa, 15 Oktober 2013

pengalaman pertama beli cetakan dari luar negri

sebagai seorang bakoel coklat tentunya diriku gak akan jauh jauh dari coklat dan cetakannya...selama ini kalo liat cetakan mata kayaknya langsung berbinar2, apalagi kalo ketemu yang lucu, mata yang ngantuk pun bisa tegar lagi deh..cuma kadang cetakan yang lucu itu cukup membuat kantong jadi jebol...tapi apa mau dikata kalau sudah hobby susah untuk dihentikan...hobby apa nih, hobby nyoklat apa hobby belanja...ha..ha...sama aja deh ujung2nya belanja juga...

sebenernya cetakanku dirumah sudah ada 3 lemari plastik..bukan mau pamer tapi ini semua aku beli dari awal aku kenal coklat, sedikit sedikit lama2 jadi banyak deh..dulu awal kenal coklat belinya masih cetakan lokal, lama-kelamaan setelah kenal dengan sesama bakul coklat aku jadi kenal yang namanya cetakan impor, silikon dan banyak jenisnya...

terkadang cetakan ini aku beli dari gajiku dan juga dari hasil aku jualan coklat, kadang suka diguyonin suami juga, emang yang ada dirumah masih kurang ya..buat aku bukan masalah kurang, kalo kita sudah enjoy berkarya kok kayaknya gak bisa dibatasi dengan apapun, aku punya cita2 membuat toko online dimana orang kalo mau cari coklat apapun bentuknya ada ditoko aku...gak apa2 kan punya cita2..it's my dream, jadi gak ada seseorangpun yang boleh menghalangi mimpi besarku ini....aku ingin menciptakan coklat yang unik dan lucu..aku ingin selalu berkarya,,,disaat membuat coklat semua energiku bisa tersalurkan dan banyak ide di otak ini tentang semua cetakanku....

ini salah satu cetakan yang aku beli langsung dari amerika...kenapa sih mesti beli kesana..soalnya emang lucu2 dan disini blm ada...biasanya aku beli sama toko online , tapi lama2 kalo beli dalam jumlah yang banyak bisa dorak kantongku..akhirnya bukan yenny namanya kalo gak bisa nyari sumbernya cetakan ini...dengan bantuan mbah google aku bisa menemukan produsen cetakan ini...dengan modal nekat dan bahasa inggris yang pas2an, akhirnya aku beranikan memesan cetakan ini lewat email, alhamdulillah dibalas (dalam hati ngerti juga ya tuh bule sama bahasa ingrisku yang asal2an...he..he..). setelah deal soal jumlah harga muncullah masalah..gimana bayarnya ya..bule itu nyaranin pakai kartu kredit..tp aku males berurusan dengan kartu kredir, akhirnya aku pilih pakai western union. 

untuk western union aku coba memakai jasa bank mandiri syariah, alhamdulilah pelayanan disana super enak, dengan cepatnya aku dilayani dengan keramahan. nah untuk biasa western union dikenai biaya 90 rb waktu itu. proses awal selesai, abis itu sibule ngabarin lewat email kalo barang sudah dikirim, tinggal tunggu aja katanya dan aku dikasih nomor resi pengiriman priority mail. menurut dia sih 2 minggu sudah sampai. nah selang 1 minggu, aku cek di web nya priority mail internasional, kalo paketku udah nyampe indonesia, tapi tetep aja gak ada kejelasan indonesianya nyampe mana ya...

asli bingung deh kemana paketku ini ya, trus mesti telpon kemana...akhirnya keingetan punya temen yang mantunya orang pos indonesia, dan minta tolong ngecekin nomor resinya ini...akhirnya terjawab sudah kalo dari luar negeri langsung masuk ke indonesia itu masuk dulu ke bea cukai yang ada di kantor pos lapangan banteng, nah disitu barang kita dinilai dulu dan dikenai bea masuk, baru setelah itu dikirim ke kantor pos terdekat alamat kita...

pas ngambil paket di kantor pos depok sempet kaget juga dikenai bea masuk sebesar 300 rb..wew banyak amat...dan ternyata pas aku liat rincian biaya, paketku itu harganya diatas $50 jadi dikenai bea masuk...selain bea masuk, dikenai juga ppn dan pph pasal 22 impor.  karena ini pengalaman pertama jadi banyak biaya yang harus disiapkan kalo beli barang dari luar negeri...tapi aku masih bersyukur dengan membeli langsung ke produsennya aku bisa memperoleh banyak cetakan yang lucu dan lebih irit kemana2 kalo aku beli eceran sama ol shop...

setelah punya pengalaman beli cetakan dari luar negeri timbullah ide...kenapa aku gak jualan cetakan aja ya..banyak peserta kursusku juga suka nanyain cetakan ini...dasar emank2 otak bisnis, lansung deh keluar ide2 bisnisnya..gak papa kan? yang penting halal...ha..ha..


1 komentar:

  1. jadi.... jualan cetakankah mbak? kalo iya hubungi saya ya, lagi nyari cetakan coklat, mana tau ada yang cucok :D

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...