Selasa, 17 Mei 2011

Cara pembuatan lolipop

setelah upload lolipop di facebook, banyak temen-temen yang pingin buat juga untuk anaknya...ini aku coba kasih tahu caranya dan alat-alatnya yaaa....semoga bermanfaat....

1. siapkan coklat merk mercolade yang punya banyak warna.

2. siapkan cetakan lolipop bunga atau cetakan lainnya, stik coklat untuk gagang lolipop, plastik dan pita pengikatnya.

3. tim coklat dengan cara siapkan panci berisi air dan panci berisi coklat yang sudah diiris kecil. panas kan api letakkan panci berisi air, jika air sudah bersuhu 40 derajat celcius (terlihat gelembung pertama pada air), langsung matikan api, jangan biarkan air sampai mendidih karena akan membuat coklat tidak mengkilap. setelah itu letakkan panci berisi coklat diatas panci berisi air tadi. biarkan sampai leleh merata.

4. masukkan coklat cair kedalam plastik segitiga dan potng ujungnya sedikit saja lalu tuangkan salam cetakan. untuk cetakan bunga tuangkan ke bagian tengah terlebih dahulu lalu didinginkan. menuangkan harus hati-hati ya agar coklat tidak meleber dan membuat hasil bunganya tidak bagus. diamkan pada suhu ruang tidak usah dimasukkan ke dalam kulkas.

5. setelah bagian tengah kering tuangkan lagi coklat cairnya untuk menutupi bagian lainnya, jangan lupa taruh stik coklat ditengahnya, dan pergunakan buku atau pengganjal lain agar stik tetap berada ditengah coklat. setelah itu masukkan dalam kulkas sebentar saja, jangan terlalu lama karena akan membuat coklat berembun . hal ini akan membuat penampilan coklat tidak bagus.

6. bila semua sudah keras, lolipop siap dilepaskan dari cetakan.

7. setelah itu lolipop siap dekemasdalam plastik dan diikat dengan pitanya.



8. lolipop siap digunakan untuk souvenir ulang tahun ataupun buat jualan...selamat mencoba yaaa

2 komentar:

  1. Plastiknya itu dmana ya belinya??

    BalasHapus
  2. Berawal dari nyasar ke blog ini..ternyata ilmu yang dibagi sama mb Yenny buuannyaak banget. Makasih ilmunya mb (untuk pemula seperti saya sangat terbantu sekali). Semoga ilmu yang dibagi menjadikan ilmu yang bermanfaat dan menjadi amal kebaikan buat mb sekeluarga.

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...