Sabtu, 23 Januari 2010

ONBITJKOEK




ONBITJKOEK
Sumber: Kue-Kue Indonesia. Yasa Boga-PT Gramedia Jakarta. 2007.


Bahan :

125g gula palem/gula merah
5 kuning telur
3 putih telur

campur rata :
125g tepung terigu,
1 sdt peres kayumanis bubuk,
½ sdtpala bubuk,
¼ sdt cengkih bubuk


taburan :
50g kenari, iris tipis (aku pakai almond iris)

Cara :

1. Kocok kuning telur dan putih telur, gula palem sampai kental dan naik.
2. Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur, aduk rata.
3. Tuang ke dalam loyang roti (loaf) yang sudah dialas dengan lapisan kertas yang
sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung.
4. Panggang kurang lebih 20 menit (setengah matang). Taburi irisan kenari. Panggang terus sampai matang, angkat. Potong menurut selera.


ide awal buat makanan ini, pas liat di http://klubberanibaking.blogspot.com. Pertama bingung juga, namanya susah banget ya nyebutnya, trus jadi penasaran kayak apa ya rasanya kue ini, karena sebelumnya hanya dengar-dengar saja kue ini tapi belum pernah memakannya.

Waktu sharing pingin buat resep ini, teman saranin aku jangan pakai rempah yang bubuk yang biasa dijual dimal atau pasar, lebih enak buat sendiri rempahnya. akhirnya aku beli cengkeh butiran, pala dan kayu manis batangan, lalu semuanya aku cuci bersih dan dijemur sampai kering. setelah itu aku haluskan dengan blender hingga menjadi bubuk yang halus.....

ternyata aromanya terasa banget rempahnya karena aku buat sendiri rempahnya......setelah kuenya matang langsung aku cicipi, oh ternyata seperti ini rasanya, kuenya wangi rempah-rempah, agak seret dan enaknya dimakan bareng teh manis hangat karena kue ini tidak terlalu manis.....

puas deh dah berhasil membuat kue yang bernama "ONBITJKOEK" ini....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...