Minggu, 02 Februari 2014

Latbar Fancy Cake Roll (bukit rivaria, 2 Februari 2014)

Alhamdulillah bulan ini aku masih diberi kesehatan oleh Allah untuk menambah satu ilmu di bulan februari ini. aku ikutan latbar fancy roll cake. apa sih  itu fancy roll cake ? ini sejenis bolu gulung tapi sebelum jadi bolu gulung kita gambar dulu atasnya dengan aneka gambar yang kita mau...dulu mau nyoba sendiri dirumah males, takut gagal dan buang-buang bahan. paling suka ikutan latbar, bisa belajar bareng dengan ibu-ibu yang sudah handal dan pengalaman dan sekaligus menambah teman...

alhamdulillah pas buka fb liat ada latbar FRC ini, langsung saja daftar biar gak kehabisan quota, soalnya FRC ini banyak juga yang minat belajar..soalnya hasilnya lucu banget dan bisa jadi tambahan produk buat dijual...yah kalo aku sekarang buat tambah ilmu dulu...siapa tahu kapan2 bisa jualan atau minimal buat bikinin goody bag anakku kalo mau ultah...semua pasti ada gunanya deh...

sebelum latbar kita diharuskan membawa loyang ukuran 24 x 24 x 4 cm...liat2 dirumah ternyata loyangku cuma ada ukuran 20 cm, ya akhi rnya beli juga loyang baru.  pas banget nyari loyang malah ngeliat kuas silikon yang selama ini aku pingin punya, jadi sekalian deh beli loyang dan kuas.

selain itu kita diwajibkan  bawa potluck yaitu makanan atau lauk yang bisa kita makan bareng-bareng disana...berhubung lagi hot-hotnya bikin martabak mini, aku bawa martabak mini aja kesana...kebetulan stok  meises abis, toppingnya kasi keju favorit aku aja plus dikasih paletta strawberry diatasnya..hmmm yummy banget...


nah loyang dan pensil 2 B untuk menggambar serta potluck sudah siap. yuuk kita menuju rumah mbak ike di bukit rivaria sawangan...senangnya kesana diantar ayah dan anak2...

sesampainya disana sudah ada 20 ibu-ibu yang sudah siap belajar. aku langsung dikasih kertas yang isinya resep FRC dan pilihan gambar. langsung aja pilih gambar strawberry shortcake ini..soalnya agak ribet, kupikir kalo aku bisa menaklukan gambar yang detail , maka gambar yang lain nantinya akan bisa aku buat. 

pertama2 kita disuruh jiplak gambar tersebut diatas kertas roti yang biasa dijadikan alas dalam loyang. hmmm ...deg2an juga neh..bisa gak ya, aku kan gak suka gambar tapi yah namanya belajar mau gak mau harus dicoba..alhamdulillah bisa juga walaupun pelan2 banget gambarnya..

                                                              gambar pilihan  
                                   
salinan gambarku

nah setelah gambar dijiplak, gambar tadi ditaruh terbalik menghadap bawah loyang jadi yang kita makan nanti adonan bukan pensil yang kita gambar tadi...stelah itu loyang dioles sama mentega yang namanya carlo supaya gambar bisa terlihat jelas.

setelah semua selesai menjiplak gambar selanjutnya kita membuat adonan warna dan adonan dasar. kali ini kita diajar oleh mbak rinta dari bogor. mbak rinta ini masternya FRC deh...jadi sayang kalo dilewatkan momen belajarnya ini...

inilah suasana kalo ibu-ibu yang penuh semangat sedang asyik mencari ilmu..semuanya berlangsung tanpa terasa...


nah ini dia mbak rinta dan mbak hanny yang sedang mendemokan adonan warna dan adonan dasar yang akan kita jadikan FRC.



setelah adonan warna sudah siap, kita mulai mewarnai gambar tadi dengan adonan warna. dan bila sudah selesai maka adonan warna tadi akan kita siram dengan adonan dasar dan siap dipanggang. setelah kelaur dari oven, kita oleskan selai diatas FRC lalu kita gulung menjadi bolu gulung...

ini dia step by step yang aku lakukan disana..alhamdulillah punyaku berhasil...dan aku gak takut lagi mencoba FRC sejak saat ini...

  
 gambar ini adalah kumpulan dari gambar yang sudah dijiplak oleh ibu-ibu yang lain, ada winnie the pooh, donald duck, minnie mouse dan mickey mouse...cantik semua kan?


dan akhirnya sampai juga kita pada akhir acara latbar, semua FRC dikumpulkan menjadi satu diatas meja...waaah seru dan lucu liatnya...rasanya sayang buat dimakan....

oke teman - teman udahan dulu ya ceritanya semoga aku bisa dapet ilmu lagi bulan depan ya...pokoknya OMOS...One Month One Skill



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...