Minggu, 09 Februari 2014

ayam kodok a.k.a ayam cabut tulang

aku masih suka terheran-heran sendiri kalo posting ayam kodok ini...kenapa ? karena gak nyangka bisa buat ayam seperti ini, yang dulunya kalo liat gambar ayam kodok di internet atau majalah hanya bisa membayarangkan gimana buatnya...tapi sekarang aku sudah bisa membuatnya, rasanya alhamdulillah bisa melawan kemalasanku untuk mencoba sesuatu yang baru....

minggu ini ada adik mama yang melangsungkan pernikahan. mama minta aku membuatkan ayam kodok untuk dimakan pengantin setelah akad nikah. awalnya ragu mau buat biasanya kan aku tuh kalo buat untuk acara sukanya gagal tapi kalo buatnya untuk makan sendiri lancar2 aja...he,.he...sidrom macam apakah ini..stress kali ya....

trus aku coba tanya teman yang udah biasa buat ayam kodok, niatnya pesen aja kali ya, eh temen yang mau dipesenin malah bilang "kenapa gak buat sendiri, kan udah pernah kursus"...tweng..tweng...iya siii emang dasar males aja. akhirnya datanglah mood yang tinggi untuk membuat ayam kodok..ha..ha..langsung saja meluncur ke super indo buat belanja semua bahan. kali ini aku pakai resep ayam kodok yang didalamnya pakai keju..hmmm tambah yummy aja deh...setelah pulang belanja langsung eksekusi ayam kodok sembari berdoa berkali2 agar dimudahkan dan dilancarkan karena takut gagal soalnya ini kali kedua membuat ayam kodok tapi ini perama kalinya aku buat tanpa didampingi guru waktu kursus. 

awalnya menemui kesulitan karena ayam agak beku jadi mengulitinya harus ekstra sabar...tapi alhamdulillah tidak terlalu banyak kulit yang harus dijahit...setelah hampir 2 jam membuat, semuanya berjalan dengan lancar...alhamdulillah bisa mempersembahkan ayam kodok keju buat uwa tercinta....
ternyata setelah dua kali membuat jadi tambah pede lagi dalam memasak...semoga kalo ada acara bisa buat lagi dan syukur2 bisa terima pesanan suatu saat nanti ya...aamiiin

  
 
nah ini dia step by stepnya, pertama yang dilakukan adalah mengeluarkan badan ayam dari dalam kulitnya dengan perlahan agak tidak banyak sobekan pada kulit. setelah dikelurkan daging ayam diblender dengan bebagai bumbu, roti dan telur dan dimasukkan kembali kedam ayam. setelah itu ayam siap dikukus atau dipangggang dengan olesan mentega, madu dan kecap. terakhir buatkan kuah serta sayuran untuk teman makan ayam kodok

buat temen2 yang mau mencoba, ayo dipelajari saja, tidak ada yang susah kalo kita mau belajar tapi kalo tetep males, pesen aja sama aku...yaaa   he..he..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...